Menyibak Kemegahan Warisan Budaya dan Wisata Jawa Tengah

21.21


Sejak berabad-abad yang lalu, Indonesia menjadi sorotan negara-negara dari berbagai belahan dunia karena Negara Indonesia berhasil menyatukan perbedaan antar warga negaranya dan menjadikannya keindahan kebersamaan dan semangat nasionalisme. Kebersamaan dan semangat Nasionalisme Indonesia terbangun dari adanya pluralisme kebudayaan yang tergambarkan oleh keanekaragaman dan kekayaan budaya, seperti bahasa daerah, lagu daerah, tari tradisional, upacara adat, makanan tradisional, berbagai macam seni rupa dan masih banyak lagi. Kebhinekaan Budaya Indonesia tersebut tersebar luas di 34 provinsi yang terdiri dari 17.504 pulau dan dihuni oleh 350 suku bangsa (Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, 2012).

Budaya dan pariwisata Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diulas.  Dari sekian banyak provinsi di Indonesia, Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang menjadi destinasi wisata favorit saya. Bagaimana tidak? Jawa tengah selalu memberikan kenangan yang tak terlupakan. Keanekaragaman budaya dan kekayaan wisata yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi membuat saya ingin datang lagi dan lagi ke Jawa Tengah. Saya sempat berbincang dengan beberapa duta wisata di Jawa Tengah dan inilah jawaban mereka tentang alasan mengapa Jawa Tengah layak untuk menjadi tujuan wisata wisatawan.

  Budaya, kearifan lokal dan potensi wisata Jawa Tengah masih terjaga dengan baik. Mayarakat Jawa Tengah dapat dikatakan masih “Nguri-nguri budaya jawi” dan itu sangat kental. Wisatanya sangat beragam dan cocok untuk dijadikan wish list untuk berlibur dengan harga yang terjangkau. Apalagi daerah keraton yang masih terpelihara. Intinya, semua ada di Jawa Tengah – Antonius Raga Wida Dirgantara, Duta Wisata Kabupaten Klaten.

Jawa Tengah memang pantas menjadi tujuan wisata karena Jawa Tengah menyediakan wisata yang lengap mulai dari wisata alam,wisata religi dan wisata buatan. Selain itu, Jawa Tengah juga memiliki beberapa tempat wisata yang menjadi incaran para wisatawan lokal dan asing, seperti Dieng, Karimun Jawa, Lawang Sewu dan Candi Borobudur – Asep Yuli Firmansyah, Duta Wisata Kabupaten Cilacap.

Jawa Tengah memiliki banyak sekali keanekaragaman budaya, tradisi, makanan khas dan destinasi pariwisata yang kebanyakan tidak dimiliki oleh provinsi lainnya. Selain itu, Jawa Tengah juga terkenal dengan keramahan penduduknya. Keramahan merupakan salah satu unsur Sapta Pesona yang penting dalam pengembangan potensi pariwisata daerah – Bayu Aji Prasetyo, Duta Wisata Kabupaten Wonogiri.

Jawa Tengah adalah paket lengkap untuk berwisata. Kalau mau ke gunung, Jawa Tengah memiliki gunung Merapi, Lawu, Andong, dll. Ada juga wisata pantai Karimunjawa. Selain itu, ada wisata sejarah seperti Keraton Surakarta, wisata religi seperti Museum Manusia Purba Sangiran, wisata edukasi Museum Radia Pusaka, dan yang paling membanggakan adalah Candi Borobudur yang termasuk salah satu keajaiban dunia – Fariska Yosi Iriyanti, Duta Wisata Kabupaten Boyolali.

Wah, pasti Nusantaraholic semakin penasaran nih dengan budaya dan pariwisata di Jawa Tengah. Berikut adalah ulasan tentang beberapa objek wisata unggulan di Jawa Tengah. Ada lima kategori pariwisata yang didasarkan pada branding Wolderful Indonesia, yaitu: Natural Wonders (gunung, pantai dan wisata hijau), Curtural Wonders (seni, budaya dan warisan khas Indonesia), Sensory Wonders (kuliner, kenyamanan dan hiburan di Indonesia), Modern Wonders (kehidupan perkotaan, teknologi, dan transportasi seluruh Indonesia), dan Adventurous Wonders (olahraga, petualangan dan eksplorasi yang disajikan di Indonesia.)

1.      Natural Wonders

Karimunjawa

Source: www.karimunjawatourtravel.com

Jangan sebut diri Anda sebagai traveler sejati kalau Anda belum pernah menjelajahi keindahan Karimunjawa yang terletak di Kabupaten Jepara. Pulau yang masyhur dengan sebutan The Carribean Van Java ini memang menyimpang berbagai potensi wisata, seperti Kolam Hiu, Legon Lele, Pantai Nirwana, Pantai Batu Topeng dan masih banyak lagi. Eksistensi kekayaan alam di Kaimunjawa, menjadikan kepulauan ini sebagai Taman Nasional sejak 15 Maret 2001. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya adalah 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Selain wisata alam, Karimunjawa juga menyediakan wisata religi dan kuliner. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Begitulah papatah yang cocok untuk menggambarkan Karimunjawa. Dengan berlibur di Karimunjawa, Anda akan mendapat paket lengkap pariwisata yang tidak ada di daerah lainnya.


2.      Curtlural Wonders

Sedekah Laut

Bukan Jawa Tengah namanya kalau tidak kaya dengan berbagai macam eksotisme budaya dan tradisi. Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten yang kental dengan budaya bahari. Sebagai kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Tengah, Cilacap memiliki sejarah panjang budaya bahari yang membentuk karakter masyarakat pesisir. Sedekah laut merupakan salah satu budaya bahari yang dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai. Tradisi ini dimulai sejak masa pemerintahan Raden Tjakrawerdana III (1878). Sedekah Laut merupakan bentuk ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil laut yang menjadi sumber penghasilan para nelayan. Sedekah Laut dilaksanakan setiap malam jum’at Kliwon bulan Sura. Kegiatan tersebut dimulai dengan Kirab Jolen yang diiringi oleh barisan kesenian tradisional, rombongan pejabat pemerintahan yang berjalan dari pendopo kabupaten menuju pantai samudra selatan. Setelah melarung Jolen, kegiatan selanjutnya adalah ruwat laut dan pentas kesenian seperti Wayang Kulit, Lengger, Ebeg, dan lain-lain.

3.      Sensory Wonders

Nasi Grombyang dan Dawet Ayu


Source: https://suryawibowosatu.files.wordpress.com/2015/04/nasi-grombyang.jpg
Mau mencicipi kuliner lezat yang khas dari Kabupaten Pemalang? Nasi Grombyang jawabannya. Kuliner satu ini memang unik dan menggiurkan. Keunikannya terletak pada penggunaan irisan daging kerbau. Kuliner ini mirip dengan soto, bedanya Nasi Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau, kuah dan dilengkapi sate daging kerbau. Ternyata, nama Nasi Grombyang ada asal usulnya loh. Jadi, dalam penyajiannya Nasi Grombyang, komposisi nasi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang yang dalam Bahasa Jawa disebut “Grombyang-grombyang”.

Source: http://www.bukuresep.net
Selain makanan, ada rekomendasi minuman yang harus dicoba, yaitu Dawet Ayu. Sesuai dengan namanya, tampilan penyajian minuman ini begitu ayu alias cantik. Minuman ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung sagu aren yang dilengkapi dengan campuran santan dan gula merah. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga. Bahkan, membayangkannya saja akan membuat memuat Anda berkali-kali menelan ludah. Minuman ini bisa disajikan dengan es atau air panas, tergantung selera Anda.



4.      Modern Wonders

            Simpanglima Plaza

Jawa Tengah tidak hanya menyediakan wisata budaya dan alam. Bagi Anda yang gemar berbelanja, Semarang menyediakan wisata modern. Anda bisa datang dan berbelanja di Simpanglima Plaza yang terletak di pusat Kota Semarang. Dengan luas 39.935 m2, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata bersama keluarga atau sahabat tercinta. Tentu saja, di sini Anda bisa berburu berbagai produk fashion. Kabar baiknya lagi, plaza yang berdiri sejak tahun 1990 ini terhubung langsung dengan Mall Ciputra dan Hotel Horison.

5.      Adventurous Wonders

Riverboarding Kali Pusur

Source: pasmajariverboarding.blogspot.com


Bosan berwisata di tempat wisata yang sudah mainsteam? Ingin mencoba hal baru? River Boarding Kali Busur patut menjadi salah satu tujuan wisata Anda selanjutnya. Di tempat wisata ini, Anda akan mendapatkan sensasi petualangan yang yang tak terlupakan. Lokasi wisata ini berada di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Medan riverboarding di Kali Pusur tidak membahayakan bagi wisatawan yang masih awam dan pemula dalam dunia riverboarding. Pasalnya, tingkat kesulitan medan dan kedalaman sungai cukup mudah untuk ditaklukkan. Wisata ini dibuka sejak tahun 2012 yang lalu. Walaupun masih baru, wisata ini cukup diminati para wisatawan dari berbagai daerah.

Mau tau informasi lebih detail tentang pariwisata Jawa Tengah? Ayo kunjungi situs www.visitjawatengah.com dan www.jatengprov.go.id. Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)


Sumber:
Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2012. Wonderful Indonesia Expo Yeosu – Korea [video]. - : Garuda Lestari.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Karimunjawa



seputarsemarang.com


http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/05/03/serunya-adu-nyali-di-wisata-riverboarding-kali-pusur-klaten

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook